Minggu, 12 Mei 2013

School Info: SMP Wana Murni Palasari


School Info:
SMP Wana Murni Palasari
Suatu sekolah di sebuah desa yang terpencil yang bahkan tidak diketahui public hanya memiliki jumlah siswa 60-an siswa dan 6 guru di dalamnya. Sungguh kecilnya keluarga ini. Namun, walau begitu sekolah ini memiliki orang orang yang menarik di dalamnya. Mereka semua memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda beda namun mereka bersatu dalam keluarga kecil ini, di SMP Wana Murni Palasari.
Sekolah ini terletak di dusun Palasari, Desa Palasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Walaupun terletak di tempat yang terpencil, namun mereka tidak ketinggalan jaman ataupun gaptek. Baik siswa maupun guru di sekolah ini pasti mencari segala informasi yang up to date dari sumber apapun. Sekolah yang terpencil inipun juga sudah mengenal internet. Mereka dapat mencari segala sesuatu, pelajaran maupun informasi informasi penting dari sana. Salah satu tamu yang pernah mengunjungi tempat ini sampai heran karena sekolah yang ada di pojok desa ini sudah mengenal yang namanya internet, yang memang pada saat itu internet masih sangat susah untuk di temukan di desa desa.
Sekolah yang besanya hanya beberapa are ini tidak kalah dengan sekolah sekolah yang lainnya dalam hal kebersihan, kerapian, dan juga keindahannya. Disana banyak terdapat pohon pohon hijau dan bunga bunga yang bermekaran membuat sekolah ini tampak lebih hijau dan asri. Penempatan tanaman tanamannya semakin membuat sekolah ini terlihat indah. Letaknya yang berada di kawasan yang cukup tinggi membuat udara disekitar sekolah ini sangat segar dan asri, bila dihirup bisa untuk merefresh paru paru kita yang banyak mengandung udara udara yang kotor.
Pembelajan di sekolah ini juga sudah sangat modern. Tidak lagi menggunakan pembelajaran yang manual. Guru tidak lagi menulis materi di papan dan diikuti muridnya, mereka sudah menggukan LCD Projector untuk menayangkan materinya yang membuat siswa maupun guru lebih mudah untuk menangkap maupun memberikan materi.
Selain mendidik, guru guru di sekolah ini juga mengajarkan siswanya untuk berwirausaha. Banyak jenis jenis usaha yang sudah diterapkan sekolah ini seperti usaha menjual madu lebah, menjual kacang panjang, atau yang lainnya yang membuat siswanya mendapat pengalaman bagaimana cara berwirausaha dan mengetahui bagaimana kerasnya persaingan untuk mendapatkan pembeli. Pengalaman berharga ini yang nantinya akan dibawa siswa siswanya ke tingkat SMA bahkan sampai dia benar benar menjadi seorang wirausaha.
Siswa siswa disana mayoritas adalah agama Kristen katholik, karena sekolah ini merupakan sekolah swasta, yayasan insan mandiri. Terletak desebelah Gereja Hati Kudus Yesis Palasari membuat siswa siswa di sekolah sering diikutsertakan dalam mengambil peran dalam kegiatan kegiatan rohani yang ada di gereja seperti koor, lektor, mazmur, ataupun yang lainnya yang secara tidak langsung membuat siswa siswanya semakin beriman.
Sekolah yang telah berdiri sekitar tahun 60-an ini telah melahirkan lulusan atau alumni yang bisa dibilang bagus, terbukti banyak alumni siswa disini bisa melamar dan masuk di SMA favorit yang ada di Bali maupun di luar Bali. Nilai nilai dari siswanya sendiri juga bagus dan banyak organisasi yang bisa mengembangkan karakter siswanya sendiri. Banyak siswa yang merupakan tamatan SMP Wana Murni ini telah menjadi orang yang sukses dan bekerja di tempat yang bagus.
SMP Wana Murni tidak bisa dipandang sebelah mata. Dibalik jeleknya pandangan orang orang terhadap sekolah yang ada di pelosok desa, sekolah ini ternyata banyak memiliki kelebihan yang tidak dimiliki sekolah yang ada di kota kota besar. Tidak hanya SMP Wana Murni, masih banyak sekolah kecil di luar sana yang memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri sendiri.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

good pak.
improve.

Unknown mengatakan...

I want to write more. Keep spirit.

Unknown mengatakan...

yesss...

Posting Komentar

About Me

Followers

 
;