Dalam dunia usaha khususnya yang bergerak dalam bidang
perdagangan sangat disarankan untuk mempunyai konsep marketing management, ini
berguna untuk mengatur strategi pemasaran agar produk yang ditawarkan dapat
diterima dikalangan masyarakat salah satunya dengan memberikan menawarkan harga
yang cukup bersaing. Marketing management juga dibutuhkan untuk menyusun
rencana promosi launching produk baru, yang membutuhkan persiapan cukup matang
seperti:
- Perencanaan pendistribusian produk
- Penetapan harga
- Pengawasan yang harus dilakukan
Ketiga hal tersebut diharapkan bisa membantu tercapainya
proses promosi dalam rangka meraih peluang pasar dan mendapatkan keuntungan
yang diharapkan. Tentunya hal tersebut harus disesuaikan dengan
kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan marketing management secara garis
besar.
Ada baiknya jika anda membuat SOP (Standar Operasional
Prosedur) untuk menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam melakukan marketing
management, sehingga dalam setiap kegiatannya
tetap mengacu pada satu prosedur. Standar Operasional Prosedur ini juga berguna
juga untuk mengembangkan bisnis dan usaha anda.
Sama halnya dengan membuat Standar Operasional Prosedur
untuk para karyawan, ini bertujuan agar karyawan tetap konsisten dengan
tanggung jawabnya terhadap pekerjaan yang seharusnya mereka buat dan laporkan.
Apabila Hal ini terus diterapkan tentunya akan membantu perusahaan dalam
rencana mencapai target pada jangka waktu tertentu. Begitu juga halnya dengan
marketing management dalam pemasaran yang kurang lebih membahas bagaimana
mengelola pemasaran dengan baik, sehingga target dalam mempromosikan dan
melakukan penjualan produk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Dalam marketing management tentunya harus memperhatikan
bagaimana cara melihat peluang pasar dan mencari tahu keinginan konsumen.
Dengan dua hal tersebut diharapkan anda akan bisa lebih menentukan skala
prioritas dalam melakukan promosi dan penawaran terhadap produk-produk yang
ada.
• Seperti halnya dalam melihat peluang pasar, anda bisa
mencari tahu berapa harga yang berlaku dipasaran untuk produk yang akan
ditawarkan. Hindari pemberian harga yang jauh dari harga pasaran, ini akan bisa
menghambat rencana pemasaran anda, karena harga yang ditawarkan jauh lebih
tinggi atau mahal dari harga pasar pada umumnya.
• Mencari tahu keinginan konsumen, anda bisa
mengetahuinya dengan cara melakukan survey ataupun jajak pendapat tentang apa
saja kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen, sehingga anda bisa memproduksi
produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini tentu akan membantu konsumen
dalam memenuhi kebutuhan mereka dan juga bisa mengurangi resiko terjadinya
kerugian atau idle stock barang yang tersimpan digudang.
• Pendistribusian barang, tentukan skala prioritas pada
tujuan utama pangsa pasar produk yang akan ditawarkan, apabila pangsa pasar
lebih untuk kebutuhan sehari-hari. Anda bisa terlebih dahulu fokus melakukan
pendistribusian barang pada pasar tradisional atau supermarket.
Dari semua uraian diatas tentang marketing
management diatas, anda bisa menambahkan
kembali hal-hal yang masih dirasa kurang, dan tentunya harus disesuaikan dengan
situasi dan kondisi yang ada.
0 komentar:
Posting Komentar