Minggu, 12 Mei 2013

Bahayanya Kecanduan


Bahayanya Kecanduan
Orang jaman sekarang tidak ada yang tdak tahu game, semua orang di ndonesia bahkan didunia pasti sudah tau apa itu game dan bagaimana sensasi saat bermain game. Ada lima faktor yang menyebabkan orang bermain game. Pertama karena hobi. Tidak bisa dipungkiri, kalau sudah suka pasti akan terus dilakukan. Kedua karena tidak ada sesuatu yang bisa dikerjakan. Kebanyakan orang yang tidak ada pekerjaan akan merasa bosan dan tidak atau harus berbuat apa, memang dia bisa memilih apakan dia ingin mengerjakan sesuatu yang bermanfaat seperti belajar, membersihkan rumah, bekebun, berolahraga dan sebagainya atau ingin mengerjakan sesuatu yang idak begitu berguna seperti tidur, bermalas malasan atau bermain game.
Banyak orang lebih condong untuk memilih bermain game karena itu yang paling seru diantara semua kegiatan diatas. Ketiga karena seseorang tidak memiliki teman di lingkungan tempat tinggalnya. Survei mengatakan bahwa kebanyakan orang yang tidak memiliki teman di lingkungan sekitarnya akan mencari temannya di dunia maya, maka dari itu banyak orang yang merasa kesepian karena tidak memiliki teman di lingkungan sekitarnya memutuskan untuk bermain game dan menganggapnya sebagai teman dan untuk menghibur diri. Seseorang bermain game bisa juga karena dipengaruhi oleh orang disekitarnya, mereka melihat temannya bermain game dan ama kelamaan merekapun menjadi ingin untuk bermain juga. Namun, sebagian besar orang yang ditanyai kenapa mereka bermain game online adalah untuk refresing pikiran setelah melakukan aktivitas aktivitas yang begitu berat dan melelahkan.
Di jaman globaisasi ini semua alat-alat elektronik telah makin berkembang dengan pesat. Juga, sekarang telah tidak asing bagi kita dengan yang namanya game online, banyak anak anak yang beralih dari game offline ke game online. Memang secara logika game online memang jauh lebih mengasyikan dibandingkan dengan game offline, karena selain bisa bermain game mereka juga bisa berinteraksi dengan orang lain melalui game tersebut. Banyak anak remaja yang telah kecanduan dan rela untuk menghabiskan uang orang tuanya hanya untuk bermain game online, mereka juga menghabiskan banyak waktu mereka untuk game tersebut, mereka tidak makan, tidak pulang, sampai sampai mereka juga bisa tidak sekolah hanya untuk bermain game online. Demi untuk bermain game online mereka mengabaikan semuanya.
Kenapa ini bida terjadi? Hal ini bisa terjadi karena banyak pihak. Dari pemainnya, dia terlalu asyik dengan apa yang dikerjakan sampai sampai lupa waktu, lupa akan dirinya dan semua orang disekitarnya. Dari pihak orang tua, mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka dan meninggalkan anak mereka sendirian atau bersama pembantu, mereka kurang memeberikan perhatian yang lebih kepada anak tersebut agar si anak tidak terlanjur kecanduan bermain game online yang bisa merugikan bagi mereka juga. Dari pihak sekolah pun juga kurang bertanggung jawab terhadap siswa mereka yang tidak sekolah saat jam sekolah, mereka juga kurang memberi perhatian lebih kepada anak anak yang bolos sehingga mereka dengan mudahnya membolos untuk bermain game online.
Orang yang kecanduan bermain game online harus waspada karena game online ini berbahaya bagi kesehatan, khususnya kesehatan mata dan tulang karena saat bermain, jarak mata dan monitor yang terlalu dekat dan badan yang selalu membungkuk saat duduk. Beberapa waktu lalu, berita mengejutkan muncul. Banyak orang yang sakit karena bermain game online, bahkan ada juga yang sampai meniggal. Hal yang sepele seperti ini bisa mendatangkan ajal bagi seseorang. Peristiwa ini sangat memprihatinkan. Kalau sudah begini baru banyak orang orang yang melakukan tindakan preventif terhadap dirinya dan orang orang disekitarnya untuk lebih peduli pada dirinya sendiri dan orang lain. Namun tindakan preventif ini hanya berlangsung sementara, setelah kejadian itu lewat semuanya kembali seperti sediakala. Apakah kita butuh korban lagi agar kita menjadi peduli kepada diri sendiri dan orang lain?
Kecanduan game online juga bisa melahirkan kriminal kriminal baru. Orang yang kecanduan bermain game online akan berusaha melakukan apapun agar keinginannya untuk bermain game online bisa terpenuhi, mereka bisa mencuri uang atau melakukan tindak penjudian agar mendapat uang hanya semata mata untuk bermain game online
Yang namanya kecanduan memang sangat sulit untuk ditanggulangi, orang yang kecanduan tidak bisa dilarang untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan kalau dilarang maka dia akan menjadi tertekan dan stres. Sama halnya dengan kecanduan rokok yang tidak bisa dihentikan dengan seketika, kecanduan game onlinepun tidak bisa langsung dihentikan, pasti saja akan ada tindakan yang dilakukan jika mereka dilarang untuk bermain game online. Maka dari itu untuk menanggulangi hal tersebut, kita harus bersifat preventif terhadap diri kita sendiri dan orang orang di sekitar kita sebelum kecanduan. Jangan menunggu ada sesuatu baru melakukan sesuatu tapi melakukan sesuatu sebelum terjadi sesuatu.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Followers

 
;